SPACE IKLAN

Tuesday 23 November 2021

STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE

 

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI  PECAHAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PESERTA DIDIK KELAS V

MITU TIRTOMOYO TAHUN 2021/2022

 

Oleh:

Yatino

Program Studi Pendidikan Profesi Guru

Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta Tahun 2021

email : yatino.yatino@gmail.com

ABSTRAK

Latar belakang  masalah yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika materi operasi hitung pecahan desimal dengan jumlah siswa diatas KKM hanya 40% dari 20 siswa. Penyebabnya adalah strategi yang digunakan membosankan.  Melalui penerapan stratgegi everyone is teacher here diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Kompetensi Dasar menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan desimal. Berdasarkan rumusan masalah di atas tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada kegiatan belajar mengajar kelas V materi pelajaran Matematika Kompetensi Dasar menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan desimal.          

Model dalam penelitian,ini menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis.

Dari analisis data kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: melalui penerapan strategi everyone is teacher here terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Kompetensi Dasar menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan desimal bagi peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo semester I tahun pelajaran 2021/2022, dengan kenaikan nilai rata-rata kelas dari kondisi awal peserta didik yang tuntas hanya 8 anak (40%) menjadi 11 anak (55%) pada siklus I dan mengalami kenaikan lagi menjadi 16 anak ( 80 %) pada siklus ke II serta mengalami kenaikan menjadi 19 anak (95%) pada siklus III.

 

Kata kunci: Everyone is a teacher here, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran.

 

PENDAHULUAN

Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima sehingga keterkaitan antara konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Guru harus mampu menciptakan keterlibatan peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut, penulis menyadari betapa jauh berbeda bentuk pembelajaran yang selama ini penulis lakukan. Tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), ketercapaiannya oleh peserta didik masih jauh dari apa yang diharapkan, karena proses pembelajaran lebih berorientasi pada guru (teacher centered).  Penulis masih menganggap fungsi utama mengajar adalah menyampaikan informasi tanpa memperhatikan bagaimana cara menyajikan informasi tersebut bagi peserta didik sehingga materi dapat diserap secara baik dan maksimal. Dengan demikian hasil tes selalu tidak tepat mengarah pada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Keberhasilan semua peserta didik kelas V mencapai tujuan yang telah ditetapkan pada mata pelajaran Matematika pada Kompetensi Dasar menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan desimal merupakan suatu tanda bahwa pembelajaran telah berhasil pula. Peserta didik dinyatakan telah menguasai materi pelajaran, apabila telah mencapai nilai sama atau di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun hasil sebelum penelitian Hasil belajar peserta didik juga masih rendah, terbukti  dari  hasil  ulangan akhir pembelajaran rata rata nilainya masih rendah yaitu 64,40. Peserta didik yang memperoleh  nilai  di atas  KKM hanya 8 anak (40%). Sedang 12 anak lainnya (60%) memperoleh nilai di bawah KKM.

Dari kenyataan di atas, guru ingin memperbaiki Strategi  dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Strategi Everyone is a teacher here. Dengan dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas ini, besar harapan guru kiranya ada perubahan yang lebih baik dari pada sebelumnya, baik bagi peserta didik maupun bagi guru. Sebelumnya pembelajaran selama ini menggunakan strategi dengan pendekatan ekspository. Harapan bagi guru adalah sudah menggunakan model yang tepat, sehingga peserta didik lebih mudah menerima materi, yang pada akhirnya semua peserta didik bisa tuntas belajarnya dengan mendapat nilai sama atau di atas KKM yaitu 70.

Agar fokus pada materi yang dibahas, maka peneliti membatasi masalah sebagai berikut.

1.      Penggunaan Strategi everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar Matematika KD menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal.

2.      Subjek penelitian untuk siswa Kelas V MITU Tirtomoyo TP. 2021/2022 semester I KD menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal.

3.      Aspek yang diukur dalam peneltian ini pada aspek hasil belajar

 


 

METODE PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuatitatif dengan jenis Penelitian Tidakan Kelas (PTK) dengan penerapan strategi  Everyone is a Teacher Here.  PTK merupakan kajian sistematis sebagai upaya pendidik untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran dengan melakukan tindakan inovatif dalam pembelajaran. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo yang berjumlah 20 siswa dengan  rincian  10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu dimulai pada bulan Oktober 2021 dan diakhiri pada bulan November 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Model penelitian yang digunakan pada PTK ini menggunakan model  penelitian dari  Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Indikator kinerja yang diharapkan dari penelitian pembelajaran menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here bersifat kuantitatif dan kualitatif. Indikator kinerja tersebut berkaitan langsung dengan proses pembelajaran yang dilakukan. Indikator kuantitatif dalam penelitian ini, yaitu hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa meningkat setelah penerapan strategi Everyone is a Teacher Here dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini, siswa dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa sekurang-kurangnya sudah 85 % siswa mencapai target nilai KKM 70.


 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Deskripsi data penelitian ini diperoleh dari data hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian dengan penerapan strategi Everyone is a Teacher Here diperoleh bahwa hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa meningkat. Adapun nilai hasil belajar siswa setelah penerapan strategi Everyone is a Teacher Here mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada pra siklus yang awalnya 40 % ke siklus I naik menjadi 55% dengan peningkatan 15 %. Pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan peningkatan 25% dari siklus I. Kemudian pada siklus III meningkat menjadi 95% dengan peningkatan  15%.

Tabel 1. Persentase Ketuntasan Belajar Pra Siklus, Siklus I, Silkus II dan Siklus III

 

Pra Siklus

Siklus I

Siklus II

Siklus III

40%

55%

80%

95%

8 siswa

11 siswa

16 siswa

19 siswa

 

Berdasarkan tabel 1 dapat dijelaskan bahwa setelah penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here materi Perkalian dan pembagian pecahan desimal pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo  terjadi  peningkatkan   hasil  belajar, yaitu pada prasiklus jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 8 siswa dari keseluruhan 20 siswa atau setara 40 %. Kemudian pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 11 siswa atau setara 55% dari keseluruhan 20 siswa. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 16 siswa tuntas atau setara 80 % dari 20 siswa.  Kemudian  pada  siklus  III hasil  belajar  siswa meningkat sangat baik yaitu 95 % dimana 19 siswa telah mencapai KKM. Adanya data yang diperoleh dari pra siklus sampai siklus III menunjukkan adanya peningkatan dan telah mencapai indikator ketuntasan, yaitu meningkatnya hasil belajar siswa kelas V dengan penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here sebesar 95% dari indikator ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 85 %. Peningkatan hasil belajar siswa  juga dapat dilihat pada diagram berikut ini:

Diagram 1. Peningkatan Hasil Belajar Siswa




                      Berdasarkan data pada diagram yang ada, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi  Everyone is a Teacher Here  dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan desimal siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2021/2022.


 

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Hasil belajar siswa sebelum menerapkan strategi Everyone is a Teacher Here tergolong rendah. Hal tersebut terbukti hanya 40% dari jumlah keseluruhan 20 siswa belummencapai KKM. Adapun hasil belajar siswa setelah menerapkan Strategi Everyone is a Teacher Here mengalami peningkatan yaitu siklus I ada 11 siswa atau 55%, Siklus II ada 16 siswa atau 80% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 19 siswa atau 95% siswa yang telah mencapai KKM.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan strategi Everyone is a Teacher Here dalam pembelajaran Matematika materi Perkalian dan pembagian pecahan desimal pada kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui kegiatan 3 siklus dengan penerapan strategi Everyone is a Teacher Here, menunjukkan bahwa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Sesuai dengan fokus penelitian yang dilaksanakan, peningkatan ini terjadi pada hasil belajar siswa. Pada perbaikan siklus terakhir melalui perbaikan tindakan yaitu membagi kelas menjadi kelompok kecil dan memotivasi siswa untuk berani menjelaskan materi yang dikuiasainya di depan teman-temanya diperoleh hasil dari siklus akhir sebanyak 95% siswa atau 19 siswa telah mencapai KKM, yaitu ≥ 70. Artinya, indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai.

Saran

Berdasarkan kesimpulan di atas bahwa dengan adanya penerapan strategi Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Perkalian dan pembagian pecahan desimal . Dalam pembelajaran hendaknya guru selalu inovatif dan kreatif agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu dalam pemilihan strategi, guru juga harus memperhatikan karakteristik siswanya agar nanti siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik sehingga hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan.


 

DAFTAR RUJUKAN

 

HM. Surya, DKK, (1997), Kapita Selekta Pendidikan SD, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Terbuka.

Rusna Ristasa. (2007). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. (Classroom Action Research). Jakarta: Universitas Terbuka.

Supardi dan Suharjono (2011).Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Berdasarkan Permenpan dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009. Yogyakarta: Andi Ofset.

Tim Kurikulum MI Tarbiyatul Ulum. (2017). Kurikulum MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2021/2022. Kebumen: Puspitawarna.

Agus Suprijono. (2009) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. ____

Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. ___

Glenn James, Robert C. James. 1976. Mathematics Dictionary. New Jersey: John Wiley & Sons

Kneebone, G.T. 2001. Mathematical Logic and the Foundations of Mathematics : An introductory Survey Dover Publications. New York: Dover Publications

Nugraheni Puspasari, S.Pd ( SDN Tegalrejo, Kebumen) . Upaya Meningkatkan  Minat Dan Hasil Belajar IPA tentang Mengidentifikasi Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Dan Hewan Melalui Metode Everyone is a teacher here Bagi Peserta didik Kelas  VI SDN Tegalrejo Semesteer I Tahun Pelajaran 2017/2018

Elynda Desy Kusrini dan Dwi Avita Nurhidayah, M.Pd. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014

Murniasih  2010. Penerapan  Strategi Everyone Is A Teacher Here (Eth) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon Di Kelas X A2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru

http://layanan-guru.blogspot.com/2013/01/strategi-everyone-is-teacher-here.html

https://www.trigonalmedia.com/2014/11/pengertian-matematika-menurut-para-ahli.html

https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-variabel-penelitian/

0 comments:

Post a Comment