PENINGKATAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA MATERI OPERASI PECAHAN
MELALUI PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A
TEACHER HERE PESERTA DIDIK KELAS V
MITU TIRTOMOYO TAHUN 2021/2022
Oleh:
Yatino
Program
Studi Pendidikan Profesi Guru
Fakultas
Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta Tahun 2021
email : yatino.yatino@gmail.com
ABSTRAK
Latar belakang masalah yang menjadi fokus kajian dalam
penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika materi operasi
hitung pecahan desimal dengan jumlah siswa diatas KKM hanya 40% dari 20 siswa.
Penyebabnya adalah strategi yang digunakan membosankan. Melalui penerapan stratgegi everyone is teacher here diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Kompetensi Dasar menjelaskan dan
melakukan perkalian dan pembagian pecahan desimal. Berdasarkan rumusan masalah
di atas tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : (1) Mendeskripsikan
proses pembelajaran dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here. (2) Mengetahui peningkatan hasil
belajar peserta didik pada kegiatan belajar mengajar kelas V materi pelajaran
Matematika Kompetensi Dasar menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian
pecahan desimal.
Model dalam penelitian,ini menggunakan model PTK yang
dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart
yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI
Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 20 siswa,
terdiri dari 12 siswa laki-laki dan
8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,
dokumentasi, dan penilaian tes tertulis.
Dari analisis data kesimpulan yang diperoleh
dari pengkajian ini adalah: melalui penerapan strategi everyone is teacher here terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Kompetensi
Dasar menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan desimal bagi
peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo semester I tahun pelajaran
2021/2022, dengan kenaikan nilai rata-rata kelas dari kondisi awal peserta
didik yang tuntas hanya 8 anak (40%) menjadi 11 anak (55%) pada siklus I dan
mengalami kenaikan lagi menjadi 16 anak ( 80 %) pada siklus ke II serta
mengalami kenaikan menjadi 19 anak (95%) pada siklus III.
Kata kunci:
Everyone is a teacher here, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran.
PENDAHULUAN
Matematika merupakan suatu bahan
kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran
deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari
kebenaran sebelumnya sudah diterima sehingga keterkaitan antara konsep dalam
matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Guru harus mampu menciptakan keterlibatan peserta
didik. Berdasarkan uraian tersebut, penulis menyadari betapa jauh berbeda bentuk pembelajaran yang selama ini
penulis lakukan. Tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dalam Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), ketercapaiannya oleh peserta didik masih jauh
dari apa yang diharapkan, karena proses pembelajaran lebih berorientasi pada
guru (teacher centered). Penulis masih menganggap fungsi utama
mengajar adalah menyampaikan informasi tanpa memperhatikan bagaimana cara
menyajikan informasi tersebut bagi peserta didik sehingga materi dapat diserap secara
baik dan maksimal. Dengan demikian hasil tes selalu tidak tepat mengarah pada
tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Keberhasilan semua peserta didik
kelas V mencapai tujuan yang telah ditetapkan pada mata pelajaran Matematika
pada Kompetensi Dasar menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan
desimal merupakan suatu tanda bahwa pembelajaran telah berhasil pula. Peserta
didik dinyatakan telah menguasai materi pelajaran, apabila telah mencapai nilai
sama atau di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun hasil sebelum
penelitian Hasil belajar peserta didik juga masih rendah, terbukti dari
hasil ulangan akhir pembelajaran
rata rata nilainya masih rendah yaitu 64,40. Peserta didik yang memperoleh nilai
di atas KKM hanya 8 anak (40%).
Sedang 12 anak lainnya (60%) memperoleh nilai di bawah KKM.
Dari kenyataan di atas, guru ingin
memperbaiki Strategi dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan Strategi Everyone is a teacher here. Dengan
dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas ini, besar harapan guru kiranya ada
perubahan yang lebih baik dari pada sebelumnya, baik bagi peserta didik maupun
bagi guru. Sebelumnya pembelajaran selama ini menggunakan strategi dengan
pendekatan ekspository. Harapan bagi guru adalah sudah menggunakan model yang
tepat, sehingga peserta didik lebih mudah menerima materi, yang pada akhirnya
semua peserta didik bisa tuntas belajarnya dengan mendapat nilai sama atau di
atas KKM yaitu 70.
Agar fokus
pada materi yang dibahas, maka peneliti membatasi masalah sebagai berikut.
1. Penggunaan Strategi everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar
Matematika KD menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan
desimal.
2. Subjek penelitian untuk siswa Kelas V MITU
Tirtomoyo TP. 2021/2022 semester I KD menjelaskan dan melakukan perkalian dan
pembagian pecahan dan desimal.
3. Aspek yang diukur
dalam peneltian ini pada aspek hasil belajar
METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuatitatif dengan
jenis Penelitian Tidakan Kelas (PTK) dengan penerapan strategi Everyone
is a Teacher Here. PTK merupakan
kajian sistematis sebagai upaya pendidik untuk memperbaiki pelaksanaan
pembelajaran dengan melakukan tindakan inovatif dalam pembelajaran.
Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo yang berjumlah 20 siswa dengan rincian
10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan
selama 2 bulan, yaitu dimulai pada bulan Oktober 2021 dan diakhiri pada bulan
November 2021. Teknik pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan
dokumentasi. Model penelitian yang digunakan
pada PTK ini menggunakan model
penelitian dari Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari
4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Indikator kinerja yang diharapkan
dari penelitian pembelajaran menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here bersifat kuantitatif dan kualitatif.
Indikator kinerja tersebut berkaitan langsung dengan proses pembelajaran yang
dilakukan. Indikator kuantitatif dalam penelitian ini, yaitu hasil belajar
siswa dan aktivitas belajar siswa meningkat setelah penerapan strategi Everyone is a Teacher Here dalam
kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini, siswa dikatakan berhasil apabila
hasil belajar siswa sekurang-kurangnya sudah 85 % siswa mencapai target nilai
KKM 70.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Deskripsi data penelitian ini
diperoleh dari data hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika siswa kelas V
MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil
penelitian dengan penerapan strategi
Everyone is a Teacher Here diperoleh bahwa hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa meningkat. Adapun nilai hasil belajar siswa setelah penerapan strategi Everyone is a Teacher Here mengalami peningkatan dari pra
siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada pra siklus yang awalnya 40 %
ke siklus I naik menjadi 55% dengan peningkatan 15 %. Pada siklus II meningkat
menjadi 80% dengan peningkatan 25% dari siklus I. Kemudian pada siklus III
meningkat menjadi 95% dengan peningkatan
15%.
Tabel 1. Persentase
Ketuntasan Belajar Pra Siklus, Siklus I, Silkus II dan Siklus III
Pra
Siklus |
Siklus I |
Siklus II |
Siklus III |
40% |
55% |
80% |
95% |
8 siswa |
11 siswa |
16 siswa |
19 siswa |
Berdasarkan tabel 1 dapat dijelaskan bahwa setelah penerapan Strategi
Everyone is a Teacher Here materi Perkalian
dan pembagian pecahan desimal pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo terjadi
peningkatkan hasil belajar, yaitu pada prasiklus jumlah siswa
yang memenuhi KKM sebanyak 8 siswa dari keseluruhan 20 siswa atau setara 40 %.
Kemudian pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 11 siswa atau setara 55%
dari keseluruhan 20 siswa. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan
menjadi 16 siswa tuntas atau setara 80 % dari 20 siswa. Kemudian
pada siklus III hasil
belajar siswa meningkat sangat
baik yaitu 95 % dimana 19 siswa telah mencapai KKM. Adanya data yang diperoleh
dari pra siklus sampai siklus III menunjukkan adanya peningkatan dan telah
mencapai indikator ketuntasan, yaitu meningkatnya hasil belajar siswa kelas V
dengan penerapan Strategi Everyone is a
Teacher Here sebesar 95% dari indikator ketuntasan yang telah ditentukan
yaitu 85 %. Peningkatan hasil belajar siswa
juga dapat dilihat pada diagram berikut ini:
Diagram 1.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Berdasarkan data pada diagram yang
ada, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi
Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar matematika
materi perkalian dan pembagian pecahan desimal siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum
Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2021/2022.
KESIMPULAN
DAN SARAN
KESIMPULAN
Hasil
belajar siswa sebelum menerapkan strategi Everyone
is a Teacher Here tergolong rendah. Hal tersebut terbukti hanya 40%
dari jumlah keseluruhan 20 siswa belummencapai KKM. Adapun hasil belajar siswa setelah menerapkan Strategi Everyone is a Teacher Here mengalami
peningkatan yaitu siklus I ada 11 siswa atau 55%, Siklus II ada 16 siswa atau 80%
dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 19
siswa atau 95% siswa yang telah
mencapai KKM.
Kesimpulan dari penelitian ini
adalah melalui penerapan strategi Everyone
is a Teacher Here dalam pembelajaran Matematika materi Perkalian dan
pembagian pecahan desimal pada kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo Tahun
Pelajaran 2021/2022 melalui kegiatan
3 siklus dengan penerapan strategi Everyone is a Teacher Here, menunjukkan bahwa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Sesuai dengan fokus
penelitian yang dilaksanakan, peningkatan ini terjadi pada hasil belajar siswa.
Pada perbaikan siklus terakhir melalui perbaikan tindakan yaitu membagi kelas
menjadi kelompok kecil dan memotivasi siswa untuk berani menjelaskan materi
yang dikuiasainya di depan teman-temanya diperoleh hasil dari siklus akhir sebanyak 95% siswa atau 19 siswa
telah mencapai KKM, yaitu ≥ 70. Artinya,
indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai.
Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas bahwa
dengan adanya penerapan strategi Everyone
is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Matematika materi Perkalian dan pembagian pecahan desimal . Dalam
pembelajaran hendaknya guru selalu inovatif dan kreatif agar siswa tidak merasa
bosan dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu dalam pemilihan strategi, guru
juga harus memperhatikan karakteristik siswanya agar nanti siswa dapat menerima
pembelajaran dengan baik sehingga hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan.
DAFTAR
RUJUKAN
HM. Surya, DKK, (1997), Kapita
Selekta Pendidikan SD, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Universitas Terbuka.
Rusna Ristasa. (2007). Pedoman
Penelitian Tindakan Kelas. (Classroom
Action Research). Jakarta: Universitas
Terbuka.
Supardi dan Suharjono (2011).Strategi
Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Berdasarkan Permenpan dan Reformasi
Birokrasi No. 16 Tahun 2009. Yogyakarta: Andi Ofset.
Tim Kurikulum MI Tarbiyatul Ulum. (2017). Kurikulum MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kebumen: Puspitawarna.
Agus
Suprijono. (2009) Cooperative Learning
Teori dan Aplikasi Paikem: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kementerian
Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. ____
Kementerian
Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. ___
Glenn
James, Robert C. James. 1976. Mathematics
Dictionary. New Jersey: John Wiley & Sons
Kneebone, G.T. 2001. Mathematical
Logic and the Foundations of Mathematics : An introductory Survey Dover
Publications. New York: Dover Publications
Nugraheni Puspasari, S.Pd ( SDN
Tegalrejo, Kebumen) . Upaya
Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA
tentang Mengidentifikasi Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Dan Hewan Melalui
Metode Everyone is a teacher here Bagi Peserta didik Kelas VI SDN Tegalrejo Semesteer I Tahun Pelajaran
2017/2018
Elynda Desy Kusrini
dan Dwi Avita Nurhidayah, M.Pd. 2014. Penerapan
Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan
Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA MTs Ma’arif Al Ishlah
Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014
Murniasih 2010. Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here (Eth)
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon Di Kelas
X A2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru
http://layanan-guru.blogspot.com/2013/01/strategi-everyone-is-teacher-here.html
https://www.trigonalmedia.com/2014/11/pengertian-matematika-menurut-para-ahli.html
https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-variabel-penelitian/
0 comments:
Post a Comment