RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI
Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo
Kelas / Semester : V / 1
Tema 4 : Sehat Itu Penting
Sub Tema 1 : Peredaran Darahku Sehat
Pembelajaran Ke : 3
Alokasi Waktu : (4 x 35 menit) 1 x Pertemuan
Pertemuan : Jumat,
5 November
2021
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD) & INDIKATOR
Muatan Pelajaran PPKn
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
1 |
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa |
1.2.1 Menghayati perintah Allah dalam menerima kebersamaan dan
keberagaman sebagai anugerah Tuhan YME di lingkungan masyarakat dan berbangsa |
2 |
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai
hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai
warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945 |
2.2.1 Menerapakan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban
sebagai warga sekolah. |
3 |
3.2 Memahami hak kewajiban dan
tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah |
3.2.1 Memberikan contoh hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai anggota masyarakat
(C2) 3.2.3 Memberikan contoh
hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga sekolah (C2) 3.2.3 Menyimpulkan pengertian
hak, kewajiban, dan tanggung jawab secara tepat.(C4) |
4 |
4.2 Melaksanakan kewajiban dan
menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah |
4.2.1 Membuat
laporan tentang pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung
jawab warga Sekolah secara
rinci.(P3) |
Muatan Pelajaran IPS
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
1 |
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam
berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat |
1.2.1 Menjalankan
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai warga madrasah |
2 |
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
sopan, estetika dan memiliki motivasi internal
ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik |
2.2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berinteraksi
dengan sesama warga madrasah |
3 |
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk
interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. |
3.2.1 Menjelaskan interaksi manusia
dengan lingkungan (C2) 3.2.2 Memberi contoh bentuk interaksi
manusia dengan lingkungan (C2) 3.2.3 Menganalisa aktivitas masyarakat dalam upaya
meningkatkan pembangunan
sosial budaya dengan cermat. (C4) |
4 |
4.2 Menyajikan hasil analisis
tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. |
4.2.1 Membuat laporan hasil pengamatan tentang aktivitas masyarkat sekitar dalam upaya meningkatkan pembangunan sosial budaya secara
tepat. (P2) |
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
1 |
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih
unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan |
1.1.1 Mensyukuri Anugerah Tuhan dengan cara menggunakan bahasa Indonesia
untuk memperoleh ilmu pengetahuan |
2 |
2.3 Memiliki perilaku santun dan
jujur serta bertanggung jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai
kegiatan ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa Indonesia |
2.3.1 Menunjukkan perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dalam kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia |
3 |
3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan
tulis dengan tujuan untuk kesenangan. |
3.6.1 Menjelaskan makna isi pantun. (C2) 3.6.2 Menguraikan bagian-bagian dan ciri-ciri pantun.(C4) |
4 |
4.6 Melisankan pantun hasil karya
pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk
ungkapan diri. |
4.6.1 Membuat pantun yang mengandung nasihat (P2) |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan kegiatan pembelajaran, siswa
mampu Menghayati perintah Allah dalam menerima kebersamaan dan
keberagaman sebagai anugerah Tuhan YME di lingkungan masyarakat dan berbangsa
dengan benar.
2.
Melalui Kegiatan pembelajaran, siswa mampu Menerapakan sikap
tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban
sebagai warga masyarakat dengan benar.
3. Melalui kegiatan mengamati tayangan video, siswa dapat
menyebutkan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat secara tepat (C2)
4. Melalui kegiatan mengamati tayangan video, siswa dapat
menyebutkan hak dan kewajiban sebagai warga sekolah secara tepat (C2)
5. Dengan kegiatan menjawab pertanyaan,
siswa dapat menyimpulkan pengertian hak, kewajiban, dan tanggung
jawab secara tepat. (C4)
6. Dengan kegiatan mengamati pelaksanaan
rapat di lingkungan sekitar yang ditampilkan
di LCD Projektor, siswa dapat membuat laporan tentang
pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab warga
masyarakat secara rinci. (P2) TPaCK
7. Dengan pembelajaran di MI, siswa terbiasa menjalankan ajaran agama dalam berfikir
dan berperilaku sebagai warga madrasah dengan
benar.
8. Melalui kegiatan pembiasaan, siswa mampu menunjukkan perilaku jujur, sopan,
estetika dan memiliki motivasi internal ketika berinteraksi dengan sesama warga
madrasah dengan banar.
9. Dengan kegiatan mencari tahu tentang
interaksi manusia di google, siswa dapat membuat laporan hasil
observasi tentang interaksi manusia dengan lingkungan sekitar secara tepat. (C6) TpaCK
10. Setelah menggli informasi dari tayangan dan buku belajar,
siswa mampu Memberi
contoh bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dengan tepat.(C2)
11. Dengan kegiatan mengamati lingkungan
sekitar yang ditampilkan di projektor, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas masyarakat dalam upaya
meningkatkan pembangunan sosial budaya dengan cermat. (C1) TPaCK
12. Dengan kegiatan mengamati lingkungan
sekitar, siswa dapat membuat laporan hasil observasi tentang aktivitas masyarkat sekitar dalam
upaya meningkatkan pembangunan sosial budaya
secara tepat.(P2)
13. Dengan kegiatan pembiasaan, siswa terbiasa mensyukuri anugerah Tuhan
dengan cara menggunakan bahasa Indonesia untuk memperoleh ilmu pengetahuan dengan tepat.
14. Dengan kegiatan pembiasaan, siswa mampu menunjukkan perilaku santun dan jujur
serta bertanggung jawab dalam kegiatan
ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dengan
baik dan benar.
15. Dengan kegiatan mencari tahu tentang
pantun nasihat dapat menjelaskan makna pantun dengan tepat
16. Melalui pengamatan bagian-bagian pantun,
dan ciri-ciri pantun yang di tampilkan
melalui powerpoint, siswa dapat menguraikan
bagian-bagian pantun, dan ciri-ciri
pantun dengan benar.(C4)
17. Dengan kegiatan mencari tahu tentang
pantun, siswa dapat membuat pantun yang mengandung nasihat dan menuliskan maknanya secara tepat.(P2)
DOWNLOAD FILE WORD KLIK DISINI
VIDEO bisa disaksikan di bawah ini atau akses youtube
0 comments:
Post a Comment