SPACE IKLAN

Tuesday 23 November 2021

RPP KELAS V TEMA 4 SUB 1 PB 3

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan          :     MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo

Kelas / Semester              :     V / 1

Tema 4                             :     Sehat Itu Penting

Sub Tema 1                      :     Peredaran Darahku Sehat

Pembelajaran Ke            :     3

Alokasi Waktu                 :     (4 x 35 menit) 1 x Pertemuan

Pertemuan                       :     Jumat, 5 November 2021

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Muatan Pelajaran PPKn

No

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1

1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa

1.2.1   Menghayati perintah Allah dalam menerima kebersamaan dan keberagaman sebagai anugerah Tuhan YME di lingkungan masyarakat dan berbangsa

2

2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945

2.2.1 Menerapakan sikap tanggung jawab  dalam memenuhi kewajiban sebagai warga sekolah.

 

3

3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah

3.2.1    Memberikan contoh hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai anggota masyarakat (C2)

3.2.3 Memberikan contoh hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga sekolah (C2)

3.2.3 Menyimpulkan pengertian hak, kewajiban, dan tanggung jawab secara tepat.(C4)

4

4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah

4.2.1    Membuat laporan tentang pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab warga Sekolah secara rinci.(P3)

 

 

Muatan Pelajaran  IPS

No

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1

1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat

1.2.1  Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai warga madrasah

 

2

2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik

2.2.1  Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berinteraksi dengan sesama warga madrasah

3

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

3.2.1 Menjelaskan interaksi manusia dengan lingkungan (C2)

3.2.2  Memberi contoh bentuk interaksi manusia dengan lingkungan (C2)

3.2.3 Menganalisa aktivitas masyarakat dalam upaya meningkatkan pembangunan sosial budaya dengan cermat. (C4)

 

4

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

4.2.1  Membuat laporan hasil pengamatan tentang aktivitas masyarkat sekitar dalam upaya meningkatkan pembangunan sosial budaya secara tepat. (P2)

 

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

No

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1

1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan

1.1.1  Mensyukuri Anugerah Tuhan dengan cara menggunakan bahasa Indonesia untuk memperoleh ilmu pengetahuan

 

2

2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

2.3.1  Menunjukkan perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dalam  kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

 

3

3.6 Menggali isi dan amanat  pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

3.6.1 Menjelaskan makna isi pantun. (C2)

3.6.2 Menguraikan bagian-bagian dan ciri-ciri pantun.(C4)

4

4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

4.6.1 Membuat pantun yang mengandung nasihat (P2)

 

 

 

 

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Dengan kegiatan pembelajaran, siswa mampu Menghayati perintah Allah dalam menerima kebersamaan dan keberagaman sebagai anugerah Tuhan YME di lingkungan masyarakat dan berbangsa dengan benar.

2.       Melalui Kegiatan pembelajaran, siswa mampu Menerapakan sikap tanggung jawab  dalam memenuhi kewajiban sebagai warga masyarakat dengan benar.

3.       Melalui kegiatan mengamati tayangan video, siswa dapat menyebutkan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat secara tepat (C2)

4.       Melalui kegiatan mengamati tayangan video, siswa dapat menyebutkan hak dan kewajiban sebagai warga sekolah secara tepat (C2)

5.       Dengan kegiatan menjawab pertanyaan, siswa dapat menyimpulkan pengertian hak, kewajiban, dan tanggung jawab secara tepat. (C4)

6.       Dengan kegiatan mengamati pelaksanaan rapat di lingkungan sekitar yang ditampilkan di LCD Projektor, siswa dapat membuat laporan tentang pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab warga masyarakat secara rinci. (P2) TPaCK

7.       Dengan pembelajaran di MI, siswa terbiasa menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai warga madrasah dengan benar.

8.       Melalui kegiatan pembiasaan, siswa mampu menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berinteraksi dengan sesama warga madrasah dengan banar.

9.       Dengan kegiatan mencari tahu tentang interaksi manusia di google, siswa dapat membuat laporan hasil observasi tentang interaksi manusia dengan lingkungan sekitar secara tepat. (C6) TpaCK

10.    Setelah menggli informasi dari tayangan dan buku belajar, siswa mampu Memberi contoh bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dengan tepat.(C2)

11.    Dengan kegiatan mengamati lingkungan sekitar yang ditampilkan di projektor, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas masyarakat dalam upaya meningkatkan pembangunan sosial budaya dengan cermat. (C1) TPaCK

12.    Dengan kegiatan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat membuat laporan hasil observasi tentang aktivitas masyarkat sekitar dalam upaya meningkatkan pembangunan sosial budaya secara tepat.(P2)

13.    Dengan kegiatan pembiasaan, siswa terbiasa mensyukuri anugerah Tuhan dengan cara menggunakan bahasa Indonesia untuk memperoleh ilmu pengetahuan dengan tepat.

14.    Dengan kegiatan pembiasaan, siswa mampu menunjukkan perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dalam  kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

15.    Dengan kegiatan mencari tahu tentang pantun nasihat dapat menjelaskan makna pantun dengan tepat

16.    Melalui pengamatan  bagian-bagian pantun, dan ciri-ciri pantun yang di tampilkan melalui powerpoint, siswa dapat menguraikan bagian-bagian pantun, dan ciri-ciri pantun dengan benar.(C4)

17.    Dengan kegiatan mencari tahu tentang pantun, siswa dapat membuat pantun yang mengandung nasihat dan menuliskan maknanya secara tepat.(P2)

DOWNLOAD FILE WORD KLIK DISINI

VIDEO bisa disaksikan di bawah ini atau akses youtube



0 comments:

Post a Comment