RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo
Kelas / Semester : V / 1
Tema 4 : Sehat Itu Penting
Sub Tema 1 : Peredaran
Darahku Sehat
Pembelajaran Ke : 2
Alokasi Waktu : (2 x 35 menit) 1 x Pertemuan
Pertemuan :
Selasa, 26 Oktober 2021
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat
bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
Muatan Pelajaran SBdP
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
1 |
1.1 Menerima
kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan |
1.1.1 Mensyukuri
nikmat Tuhan dengan mengucapkan Alhamdulillah karena di beri nikmat bisa
menyanyi |
2 |
2.2 Menghargai alam dan
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni |
2.1.1
bekerja sama dengan teman dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah sebagai
tempat untuk belajar seni |
3 |
3.2 Memahami tangga nada. |
3.2.1 Mengidentifikasi
pengertian tangga
nada dalam musik. ( C2) 3.2.2 Membandingkan ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan
minor.(C4) 3.2.3 Menyeleksi
berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor. ( C4) |
4 |
4.2 Menyanyikan lagu-lagu
dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik. |
4.2.1 Menampilkan lagu bertangga nada mayor
dan minor diiringi alat musik sebagai
iringannya. (P3) 4.2.2 Menunjukkan
yang menjadi ciri-ciri lagu mayor dan minor berdasarkan lagu yang sudah dinyanyikan
di depan kelas (P3) |
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
1 |
1.2 Meresapi anugerah Tuhan
Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam |
1.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan dengan menjalankan ibadah
sholat sebagai rasa syukur |
2 |
2.2 Memiliki perilaku jujur
dan disiplin tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia |
2.1.1 Berkata jujur dan disiplin
tentang proses pembuatan pantun |
3 |
3.6 Menggali isi dan amanat
pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. |
3.4.1 Menguraikan ciri-ciri
serta unsur-unsur pantun yang dibuat ( C4) 3.4.2 Menyimpulkan isi dan
amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk
kesenangan. ( C5) |
4 |
4.6 Melisankan pantun hasil
karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk
ungkapan diri. |
4.6.1 Membuat pantun dan melisankan hasil karya pribadi dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. (P2) |
Muatan Pelajaran IPA
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator |
1 |
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya |
1.1.1
Mengucapkan Alhamdulillah setiap selesai melakukan sesuatu sebagai hasil
belajar |
2 |
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; dan peduli lingkungan) |
2.1.1
Memiliki sikap jujur dan mau kerjasama dengan teman untuk mempelajari sitem
peredaran darah hewan dan manusia |
3 |
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya
pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah
manusia. |
3.6.1 Menganalisis perbedaan sistem peradaran darah terbuka dan tertutup
(C2) 3.6.2 Menjelaskan organ
peredaran darah dan fungsinya pada hewan (burung) secara rinci. ( C2) |
4 |
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada
hewan. |
4.4.1 Menyalin gambar model cara kerja
peredaran darah pada burung.(P2) 4.4.2 Mendemonstrasikan hasil
karya menggambar Organ peredaran darah pada burung (P3) |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Mensyukuri nikmat
Tuhan dengan mengucapkan Alhamdulillah karena di beri nikmat bisa menyanyi
2.
Dengan kegiatan seni, siswa mampu bekerja sama dengan teman
dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah sebagai tempat untuk belajar seni
3.
Melalui kegiatan
mencari tahu tentang tangga nada di buku, siswa dapat mengidentifikasi tangga nada dalam musik dengan benar. (C2)
4.
Dengan kegiatan
mencari tahu tentang tangga nada, siswa dapat membandingkan ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan minor dengan
benar. (C4)HOTS
5.
Dengan kegiatan
mencari tahu contoh lagu bertangga nada mayor dan minor, siswa dapat menyeleksi berbagai lagu bertangga nada
mayor dan minor secara tepat. (C4)HOTS
6.
Dengan kegiatan
menghayati contoh lagu yang diputar menggunakan LCD Projektor dengan
pengeras suara, siswa dapat menyanyikan
lagu bertangga nada mayor dan minor diiringi alat musik secara tepat.(TPaCK)
7.
Dengan kegiatan secara berkelompok, siswa mampu Menunjukkan
yang menjadi ciri-ciri lagu mayor dan minor berdasarkan lagu yang sudah dinyanyikan
di depan kelas
8. Setelah belajar tentang pantun,
siswa selalu Mensyukuri anugerah Allah atas nikmat bisa belajar membuat
pantun dengan baik.
9. Setelah melakukan proses
pembelajaran peserta didik terbiasa berkata jujur dan disiplin.
10. Setelah menggali informasi melalui
buku tentang ciri-ciri dan unsur pantun, peserta didik mampu Menguraikan
ciri-ciri serta unsur-unsur pantun dengan benar. ( C4)
11. Setelah mengamati pantun yang ditayangkan
di LCD Proyektor, peserta didik mampu menyimpulkan isi dan amanat
pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
(TPaCK) (C5)
12. Setelah mengamati contoh dan
penjelasan guru lewat Powerpoint, peserta didik mampu membuat pantun dan melisankan hasil karya pribadi dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. (P2)
TPaCK
13. Setelah belajar tentang sistem
peredaran darah, peserta didik mampu membiasakan mengucapkan Alhamdulillah
setiap selesai melakukan sesuatu
14. Setelah proses pembelajaran, peseta
didik mampu memiliki sikap jujur dan mau kerjasama dengan teman .
15. Setelah melihat video di youtube,
peserta didik mampu menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan
(burung) secara rinci. ( TPaCK, C2)
16. Setelah melakukan diskusi dan
mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan arti sistem peredaran darah terbuka
dan sistem peredaran darah tertutup dengan benar (C2)
17. Setelah melakukan pengamatan pada
contoh gambar peredaran darah pada burung, peserta didik dapat menyalin gambar
model cara kerja peredaran darah pada hewan dengan tepat.(P2)
18. melalui kegiatan mengamati gambar di
buku, siswa mendemonstrasikan hasil karya menggambar Organ peredaran darah pada
burung dengan tepat (P2)
D. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) :
1.
Religius
2.
Nasionalis
3.
Mandiri
4.
Gotong Royong
5.
Integritas
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Reguler
·
Ciri-ciri dan unsur pantun
·
Sistem peredaran darah pada burung
·
Tangga nada Mayor dan Minor
2. Remidial
·
Ciri-ciri dan unsur pantun
·
Sistem peredaran darah pada burung
·
Tangga nada Mayor dan Minor
3. Pengayaan
·
Membuat rangkuman tentang pantun , Alat peredaran darah burung, dan tangga
nada
4. Link Materi Tematik : https://nyebar.link/yatino-edukasi
F. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
1. Pendekatan : Saintific - TPaCK
2. Model Pembelajaran : Discovery
Learning
3. Metode : - Pengamatan,
- Diskusi,
-
Praktek,
-
Ceramah,
-
Penugasan
G. MEDIA, ALAT, BAHAN, DAN SUMBER
BELAJAR
1.
Media
a. Media Audio visual berupa Slide powerpoint
b. Video Tentang sistem peredaran darah pada burung
c. Media Online : WA Group, Google Classroom, Google Meet, Google
Form, instan.app, dll
2.
Alat : LCD Projektor, Laptop, Gambar
3.
Bahan : Powerpoint, Video, Poster, Internet.
4.
Sumber Belajar
a.
Buku, teks bacaan,
gambar peredaran darah pada burung.
b.
Buku Guru Tema : Sehat Itu Penting Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2017).
c.
Buku Siswa Tema : Sehat Itu Penting Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2017).
d.
Video peredaran darah burung di https://nyebar.link/yatino-edukasi
e.
Video youtube di https://youtu.be/_LiJ7Wp5wjI
f.
LKPD akses di https://nyebar.link/yatino-edukasi
Untuk DOWNLOAD FILE bisa klik DISINI
Video bisa disaksikan di bawah ini
0 comments:
Post a Comment