SPACE IKLAN

Tuesday 23 November 2021

RPP KELAS V TEMA 4 SUB 1 PEMBELAJARAN 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Satuan Pendidikan          :     MI Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo

Kelas / Semester              :     V / 1

Tema 4                             :     Sehat Itu Penting

Sub Tema 1                      :     Peredaran Darahku Sehat

Pembelajaran Ke            :     2

Alokasi Waktu                 :     (2 x 35 menit) 1 x Pertemuan

Pertemuan                       :     Selasa, 26 Oktober 2021

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.

KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

Muatan Pelajaran SBdP

No

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1

1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan

1.1.1 Mensyukuri nikmat Tuhan dengan mengucapkan Alhamdulillah karena di beri nikmat bisa menyanyi

2

2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni

2.1.1 bekerja sama dengan teman dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah sebagai tempat untuk belajar seni

3

3.2 Memahami tangga nada.

 

3.2.1 Mengidentifikasi pengertian tangga nada dalam musik. ( C2)

3.2.2 Membandingkan  ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan minor.(C4)

3.2.3 Menyeleksi berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor. ( C4)

4

4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.

 

4.2.1  Menampilkan lagu bertangga nada mayor dan minor diiringi  alat musik sebagai iringannya. (P3)

4.2.2 Menunjukkan yang menjadi ciri-ciri lagu mayor dan minor berdasarkan lagu yang sudah dinyanyikan di depan kelas (P3)

 

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

No

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1

1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam

1.1.1   Mensyukuri anugerah Tuhan dengan menjalankan ibadah sholat sebagai rasa syukur

2

2.2 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

2.1.1 Berkata jujur dan disiplin tentang proses pembuatan pantun

 

3

3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

 

3.4.1 Menguraikan ciri-ciri serta unsur-unsur pantun yang dibuat ( C4)

3.4.2 Menyimpulkan isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. ( C5)

4

4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

 

4.6.1 Membuat pantun  dan melisankan hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. (P2)

 

Muatan Pelajaran IPA

No

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator

1

1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

1.1.1 Mengucapkan Alhamdulillah setiap selesai melakukan sesuatu sebagai hasil belajar

 

2

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan)

2.1.1 Memiliki sikap jujur dan mau kerjasama dengan teman untuk mempelajari sitem peredaran darah hewan dan manusia

 

3

3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.

 

3.6.1 Menganalisis perbedaan sistem peradaran darah terbuka dan tertutup (C2)

3.6.2 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan (burung) secara rinci. ( C2)

4

4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada hewan.

 

4.4.1 Menyalin gambar model cara kerja peredaran darah pada burung.(P2)

4.4.2 Mendemonstrasikan hasil karya menggambar Organ peredaran darah pada burung (P3)

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Mensyukuri nikmat Tuhan dengan mengucapkan Alhamdulillah karena di beri nikmat bisa menyanyi

2.       Dengan kegiatan seni, siswa mampu bekerja sama dengan teman dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah sebagai tempat untuk belajar seni

3.       Melalui kegiatan mencari tahu tentang tangga nada di buku, siswa dapat mengidentifikasi tangga nada dalam musik dengan benar. (C2)

4.       Dengan kegiatan mencari tahu tentang tangga nada, siswa dapat membandingkan ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan minor dengan benar. (C4)HOTS

5.       Dengan kegiatan mencari tahu contoh lagu bertangga nada mayor dan minor, siswa dapat menyeleksi berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor secara tepat. (C4)HOTS

6.       Dengan kegiatan menghayati  contoh lagu yang diputar menggunakan LCD Projektor dengan pengeras suara, siswa dapat menyanyikan lagu bertangga nada mayor dan minor diiringi alat musik secara tepat.(TPaCK)

7.       Dengan kegiatan secara berkelompok, siswa mampu Menunjukkan yang menjadi ciri-ciri lagu mayor dan minor berdasarkan lagu yang sudah dinyanyikan di depan kelas

8.       Setelah belajar tentang pantun, siswa selalu Mensyukuri anugerah Allah atas nikmat bisa belajar membuat pantun dengan baik.

9.       Setelah melakukan proses pembelajaran peserta didik terbiasa berkata jujur dan disiplin.

10.    Setelah menggali informasi melalui buku tentang ciri-ciri dan unsur pantun, peserta didik mampu Menguraikan ciri-ciri serta unsur-unsur pantun dengan benar. ( C4)

11.    Setelah mengamati pantun yang ditayangkan di LCD Proyektor, peserta didik mampu menyimpulkan isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. (TPaCK) (C5)

12.    Setelah mengamati contoh dan penjelasan guru lewat Powerpoint, peserta didik mampu  membuat pantun  dan melisankan hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. (P2) TPaCK

13.    Setelah belajar tentang sistem peredaran darah, peserta didik mampu membiasakan mengucapkan Alhamdulillah setiap selesai melakukan sesuatu

14.    Setelah proses pembelajaran, peseta didik mampu memiliki sikap jujur dan mau kerjasama dengan teman .

15.    Setelah melihat video di youtube, peserta didik mampu menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan (burung) secara rinci. ( TPaCK, C2)

16.    Setelah melakukan diskusi dan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan arti sistem peredaran darah terbuka dan sistem peredaran darah tertutup dengan benar (C2)

17.    Setelah melakukan pengamatan pada contoh gambar peredaran darah pada burung, peserta didik dapat menyalin gambar model cara kerja peredaran darah pada hewan dengan tepat.(P2)

18.    melalui kegiatan mengamati gambar di buku, siswa mendemonstrasikan hasil karya menggambar Organ peredaran darah pada burung dengan tepat (P2)

D. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) :        

1.      Religius

2.      Nasionalis

3.      Mandiri

4.      Gotong Royong

5.      Integritas

E. MATERI PEMBELAJARAN

1.      Reguler

·         Ciri-ciri dan unsur pantun

·         Sistem peredaran darah pada burung

·         Tangga nada Mayor dan Minor

2.      Remidial

·         Ciri-ciri dan unsur pantun

·         Sistem peredaran darah pada burung

·         Tangga nada Mayor dan Minor

3.      Pengayaan

·         Membuat rangkuman tentang pantun , Alat peredaran darah burung, dan tangga nada

4.      Link Materi Tematik : https://nyebar.link/yatino-edukasi

F. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE

1.      Pendekatan : Saintific -  TPaCK

2.      Model Pembelajaran : Discovery Learning

3.      Metode :         - Pengamatan,

                                           - Diskusi,

                                           - Praktek,

                                           - Ceramah,

                                           - Penugasan

G.    MEDIA, ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

1.       Media

a.       Media Audio visual berupa Slide powerpoint

b.      Video Tentang sistem peredaran darah pada burung

c.       Media Online : WA Group, Google Classroom, Google Meet, Google Form, instan.app, dll

2.       Alat : LCD Projektor, Laptop, Gambar

3.       Bahan : Powerpoint, Video, Poster, Internet.

4.       Sumber Belajar

a.       Buku, teks bacaan,  gambar peredaran darah pada burung.

b.      Buku Guru Tema : Sehat Itu Penting Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).

c.       Buku Siswa Tema : Sehat Itu Penting Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).

d.      Video peredaran darah burung di https://nyebar.link/yatino-edukasi

e.       Video youtube di  https://youtu.be/_LiJ7Wp5wjI

f.       LKPD akses di https://nyebar.link/yatino-edukasi


Untuk DOWNLOAD FILE bisa klik DISINI

Video bisa disaksikan di bawah ini


0 comments:

Post a Comment