SPACE IKLAN

Tuesday 23 November 2021

RPP KELAS V TEMA 5 SUB 2 PB 4

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Satuan Pendidikan          :     MI TIRTOMOYO

Kelas / Semester              :     V / 1

Tema 5                             :     Ekosistem

Sub Tema 2                      :     Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem

Pembelajaran Ke            :     4

Alokasi Waktu                 :     (2 x 35 menit) 1 x Pertemuan

Pertemuan                       :  Senin, 15  November 2021

 

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

 

 

 

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

No

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1

1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan

1.1.1  Mensyukuri nikmat dan karunia Tuhan YME dengan mempelajari teks non fiksi.

 

2

2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

2.1.1  Bersikap peduli dan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan

 

3

3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

3.7.1 Membedakan  teks nonfiksi dengan teks fiksi.(C4)

3.7.2 Membuat kalimat tanya dengan membuat pertanyaan tentang isi teks nonfiksi dan fiksi (C5)

4

4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

4.1.1 Membuat sebuah teks nonfiksi tentang aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat setempat berkaitan dengan daerah tempat tinggalnya secara baik dan benar.(P2)

 

IPS

No

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1

1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya

1.3.1 Selalu bersyukur atas karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya

 

2

2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup

2.3.1 Bersikap peduli, gotong royong, tanggungjawab dalam berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti di madrasah

 

3

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi.

3.1.1 Mendeteksi jenis-jenis ketampakan alam dan ketampakan buatan.(C4)

 

4

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

4.1.1 Membuat laporan hasil pengamatan pada  salah satu temapat wisata tentang penampakan alam dan penampakan buatan.(P2)

 

 

PKN

No

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1

1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.4.1 Menerima mafaat dari Persatuan  dan kestuan dalam hidup rukun

 

2

2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang social budaya.

2.4.1 Menunjukkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa pada hidup rukun.

 

3

3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3.4.1 Menyimpulkan manfaat kesatuan dan kesatuan pada hidup rukun. (C5)

3.4.2 Menelaah sikap yang dilakukan dalam rangka upaya mengatasi masalah yang terjadi dalam masyarakat berkaitan dengan persatuan dan kesatuan

 

4

4.4 Menceritakan manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4.4.1 Mempresentasikan manfaat kesatuan dan persatuan dalam hidup rukun.(P2)

 

 

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan membaca teks, siswa dapat menentukan pertanyaan tentang aktivitas

perekomomian masyarakat setempat dengan benar. (C3)

2.     Melalui menyimak penjelasan guru, siswa dapat membedakan teks fiksi dan nonfiksi dengan baik. ( C4 )

3.     Dengan mengumpulkan informasi, siswa mampu membuat sebuah teks nonfiksi tentang aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat setempat berkaitan dengan daerah tempat tinggalnya secara baik dan benar.(P2)

4.     Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis ketampakan alam dan ketampakan buatan dengan tepat. (C2)

5.     Dengan mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menganalisa pengaruh karakteristik geografis terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.(C4)

6.     Setelah mengamati ketampakan alam di sekeliling , siswa mampu membuat laporan pengamatan ketampakan alam di daerah sekitar secara benar.(P2)

7.     Dengan mengumpulkan fakta dan informasi, siswa mampu membuat sebuah teks nonfiksi tentang aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat setempat berkaitan dengan daerah tempat tinggalnya secara baik dan benar.(P2)

8.     Dengan membaca dengan saksama bacaan tentang kerukunan, siswa mampu menyimpulkan keterkaitan antara hidup rukun dengan persatuan dan kesatuan secara tepat.(C5)

9.     Dengan menggali informasi, Peserta didik dapat menelaah sikap yang dilakukan dalam rangka upaya mengatasi masalah yang terjadi dalam masyarakat berkaitan dengan persatuan dan kesatuan dengan benar (C5)

10. Dengan menggali tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan, siswa dapat mempresentasikan manfaat kesatuan dan persatuan dalam hidup rukun.(P2)


Versi lengkap bisa di download DISINI

VIDEO PEMBELAJARANNYA ADA DI BAWAH INI



0 comments:

Post a Comment