SPACE IKLAN

Tuesday 22 November 2022

APLIKASI MENULIS ARAB NONOSOFT

Ditengah-tengah giatnya penggunaan IT pada sector pendidikan agama muncullah software Nonosoft Khot sebagai alternative software penulisan huruf Arab. Software ini dikembangkan oleh Nono Setiawan dari Media Jifisa Software House Surabaya. Cukup mudah menggunakan huruf Arab termasuk pengguna pemula yang belum mahir menulis huruf Arab.

Pada tahun 2009 penulis sudah menggunakan Nonosoft Khot 2.0. Setelah menelaah berbagai kelemahan yang ada pada seri sebelumnya, kini muncullah Nonosoft Khot 3.0 yang merupakan penyempurnaan dari seri 2.0. 

Menulis huruf arab pada komputer memerlukan kemampuan dalam mengaplikasikan huruf arab yang non visual/ atau tidak nampak pada keyoard komputer atau leptop. Agar bisa menulis arab dengan cepat diperlukan beberapa alat bantu yang digunakan. Salah satu diantaranya adalah aplikasi NonoSoft. Aplikasi ini sangant mudah dalam penggunaannya. Hampir seluruh huruf posisinya mirip dengan posisi huruf alfabet querty.

misalnya untuk huruf alif =A , huruf ba=B, huruf jim=J, huruf ro=R, huruf nun=N, huruf mim=M, dll. Sedangkan untuk proses harokat, bisa menggunakan deret tombol fungsi yaitu f1=fathah, f2=kasroh, f3=dhummah, dll.

Karena begitu mudahnya penggunaan aplikasi ini, maka saya tidak akan memberikan tutorial dalam menginstal maupun dalam penggunaan. Tata cara Instal terdapat pada file.

Cara install NS Khot 3 :

1. Install Virtual CD terlebih dahulu, boleh pakai software lain 2. Mounting NSKHOT_RMC140.iso dengan Virtual CD 3. Install NSKHOT_RMC140 4. Klik next, install dan finish 5. Restart 4. Klik icon Nonosoft Khot 3 5. Masukkan serial number (tsb diatas) 6. Klik OK 7. Klik mouse pada bidang kosong NS Khot 8. NS Khot siap dioperasikan

Serial Number NonoSoft Khot

RMC140.NR4OH.FJEO1.WTEXE1.78Y2U

untuk mendownload silahkan klik (DOWNLOAD DISINI)


CARA PENGGUNAAN APLIKASI NONOSOFT KHOT 3

0 comments:

Post a Comment